Wednesday 22 February 2012

Lombok Trip

Yay! Last week I have travelling going to mataram - NTB
Ada banyak cara kalo mau ke mataram, kalau dari surabaya bisa pakai pesawat atau bus. Kalo pesawat ada beberapa airline yang terbang dari juanda ke bandara internasional lombok, dan jangan kaget ketika kita memilih pake pesawat buat pergi ke lombok, dari surabaya kita akan dibawa terbang dengan pesawat yang masih menggunakan baling-baling (sorry saya lupa apa nama dan jenis pesawatnya), dengan kapasitas tempat duduk cuma sekitar 80 orang. Tebang dengan pesawat kecil ini akan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Ada sensasi sendiri ketika terbang bersama pesawat berukuran agak kecil ini, kita masih bisa melihat pulau-pulau selama penerbangan, karena  ketinggian pesawat tidak seperti pesawat besar.

And, setelah 1 jam 20 menit sampailah kita di Bandara Internasional Lombok! Ini bandara baru, kalo tidak salah baru dibuka sejak bulan Oktober 2011 lalu. Bandara ini jaraknya sekitar 1 jam 30 menit dari Senggigi, agak jauh tapi lumayan lah ya :)
Dari bandar ini ada beberapa objek wisata yang layak di kunjungi ketika berkunjung ke lombok, salah satunya adalah Desa adat suku sasak, yaitu Desa Sade. Desa adat ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan berkendara dari bandara.

Photobucket

Photobucket
Ini adalah salah satu bentuk dari rumah adat masyarakat sasak, dibagian atasnya bisa digunakan untuk menyimpan padi

Photobucket
Dan di desa ini juga kita bisa menemui banyak para perempuan yang sedang menenun kain khas adat mereka. Mayoritas perempuan di desa ini bisa menenun, dan pekerjan para lelakinya adalah bertani. Dan salah satu guide tour desa ini mengatakan, di desa ini  kalau perempuan belum bisa menenun maka dia tidak boleh menikah. Dalam hati saya screaming "Menurut loe?! Bisa kaga kawin-kawin saya kalo tinggal disini! Nenun itu susah booo!"

Photobucket

Dan, inilah hasil dari menenun para perempuan itu, mereka menjual kain khas sasak disekitaran rumah mereka. Kisaran harganya sekitar 50 ribu- 500 ribu. Kalo mau yang lebih bagus juga ada, tapi mereka ga ngedisplay, jadi bagi yang minat buat beli kain adat mereka dengan kualitas bagus dan biasanya umur itu kain udah puluhan tahun, dipersilahkan langsung bertanya, dan jangan kaget harga kain itu bisa diatas 2 juta rupiah!

Dan selesai mengunjugi desa adat sasak, kita berlanjut mengunjungi salah satu pantai cantik yang ada di lombok. This is it, Kuta Beach!! Kuta bukan hanya ada di Bali, tapi juga ada di lombok, pantai ini tergolong lumayan sepi, dipantai ini ada satu hotel bintang 4 dengan view langsung ke pantai kuta, cantik banget!

Photobucket

agak keujung dari pantai kuta, kita bisa menemui satu pantai (sorry saya lupa namanya) dan dipantai itu akan ada sangat banyak para turis asing a.k.a bule yang lagi asik berselancar.

Photobucket
Salah satu keunikan di pantai Kuta ini adalah pasirnya, pasirnya bisa segede-gede merica gitu. Makin digali kebawah  bentuk pasirnya semakin bulat sempuna dan warnanya semakin putih. Dan ada beberapa anak kecil yang ngejual pasi-pasir pantai ini didalam botol air mineral kepada para pengunjung.
Intinya, Pantai Kuta wajib dikunjugi ketika kalian berlibur ke lombok!

Enjoy your holiday guys!

No comments:

Post a Comment