Tuesday 21 June 2016

Escape To Banyuwangi

Longweekend bulan Mei lalu saya sok nekat ikut trip ke Menjangan-Baluran-Ijen di Jawa Timur sana, tapi karena emang dasarnya penakut akhirnya nyari temen jalan hehehehe. Dan berbaik hatilah Niahanida Elmina menemani temannya yang sedang galau ini ikut trip ke ujung pulau Jawa.
Saya mau jalan-jalan 2minggu sebelum tanggal longweekend, untung masih nemu tiket pesawat murah....tapi nyari agent travel atau trip agent yang ngadain trip ke Menjangan-Baluran-Ijen ini susah susah gampang.
Nyari yang bagus dan ga mahal banget hehe, nemu beberapa trip agent dan semua bilang udah full booking untuk tanggal long weekend itu. Akhirnya nyari di Pikavia.com dan nemu satu trip agent namanya On Trip. Kelihatannya bagus dan akhirnya saya milih trip agent itu buat eksplore Menjangan-Baluran-Ijen. Saya bayar sekitar 750ribu untuk trip 2hari 1 malam.

Saya berangkat Kamis magrib dari Banjarmasin ke Surabaya, sampai di Surabaya sekitar jam 9malam dan masih nunggu dari pihak tour travelnya buat ngejemput. Saya sempet bingung kok yang contact saya ngakunya dari P-Man Adventure bukan dari On Trip. akhirnya dijemput driver dari tour travelnya jam 11 malam karena mereka ngakunya macet.

Juanda - Banyuwangi ditempuh sekitar 6 jam, sekitar jam 5 subuh udah masuk daerah Banyuwangi, kami solat subuh dulu terus diajak makan pagi. Oh iya peserta tripnya sekitar 20 orang dan beberapa dari peserta trip yang memang awalnya booking di On Trip dilempar ke P-Man Adventure.

Setelah makan pagi kami lanjut ke Watu dodol semacam pelabuhan buat nyebrang ke spot snorkeling di Menjangan. Honestly pengaturan kapal di watu dodol ini kacau parah. Ga ngerti kenapa, apa mereka ga siap gara-gara kebanyakan yang mau ke Menjangan saat long weekend itu. Kita nunggu kapal aja sekitar 45 menit sampai dikapal ternyata ga langsung jalan, terus pas udah di Menjangan kita ga dapet pelampung, mereka cuma ngasih 6 pelampung padahal kita ada 20 orang. Alasan mereka karena terlalu banyak pengunjung. Akhirnya dimarahin sama pengunjung dan setelah 30 menit baru dapet pelampung tambahan. Pihak tour travelnya ga bisa ngapa-ngapain karena kata mereka emang udah ada yang nge-Bos-in di Watu Dodol itu.

Pantai Watu Dodol

Spot snorkeling di Menjangan

Dan lagi-lagi under water Menjangan ndak bagus bangus banget, masih bagusan di Karimun Jawa. Banyak karang yang mati, jadinya ga warna-warni under waternya, Ikannya  lumayan banyak juga tapi ndak sebanyak di Karimun Jawa.

Setelah snorkeling di 4 spot, jam 4 sorean kita balik ke Watu dodol dan gelombang udah tinggi tuh. Baju jadi basah lagi gara-gara kena gelombang. Akhirnya kita istirahat dipenginapan karena ntar malem jam 2 dini hari kudu naik ke Gunung Ijen.

Jam 1 malam udah pada siap kearah Gunung Ijen, Gunung Ijen ini arahnya ke Situbondo sekitar 45menit. Jalan ke Gunung Ijen ini kecil boo mana nanjak terus gitu, hati-hati banget kalo selisipan antar mobil karena sampingnya jurang.
Sampai disana jam 2 subuh dan itu parkiran disana penuh banget, sayang saya ndak sempat moto. Setelah dikumpulin semua peserta trip kita dibagiin tiket masuk dan dibriefing sama pemandu. Diberi tau kalo selama tracking 1-2jam kita ga bakal nemu WC, jadi kalo mau buang air kecil kudu sembunyi dihutan.

Jalur tracking Ijen ini udah mayan gede, bisalah jejer orang 5-6. Tapi kita bakal selisipan sama yang ngebawa belerang turun dari Gunung Ijen, ngeliatnya sedih banget mereka ngebawa belerang dengan berat berpuluh kilo dipundak sedangkan kita naik kesana buat jalan-jalan.

Karena saya jarang olahraga dan kudu jalan dijam 2 dini hari dengan suhu dingin banget, saya baru nyampe di atas gunung setalah tracking 2jam. Jalur tracking malam itu rame buanget udah mirip pasar. Naik ke Ijen jangan lupa pake sepatu atau sendal gunung, jangan sekali-sekali kek saya yang awalnya niat pake flat shoes untung ndak jadi. Jangan lupa juga pake jaket sama sarung tangan, soalnya dingin.

Setelah 2 Jam sampai juga dipuncak, saya sempet kecewa apa yang mau diliat. Kabutnya tebel banget, mau liat Blue Fire kita harus turun ke dasar kawah dan malam itu rame banget. ga sanggup buat turun karena rame sama bau belerangnya kuat.

Gunung Ijen setelah Sunrise yang ga keliatan ketutup awan

Kawah gunung Ijen, yang beruntung bisa liat Blue Fire

Bisa liat jejeran manusia di Ijen serame itu saat long weekend

Pemandangan saat kita turun  dari Ijen

Setalah puasa foto-foto di atas Ijen akhirnya kita turun. Waktu turun ga selama pas naik. Tapi hati-hati jalan turun rada licin jadi kaki kudu sering-sering ngerem. Bikin kaki pegel.

Sampai diparkiran sekitar jam 9 pagi, kita balik turun lagi ke Banyuwangi buat ganti pakaian sama sarapan, dan lanjut ke Baluran.
Masuk ke Baluran ini jalannya ndak enak banget. Dari pinggir jalan gede sampai ke spot savana Balauran itu sekitar 40 menit dengan jalan goyang-goyang.
Didalam Taman Nasional Baluran itu ada 2 spot yang biasanya dikunjungi wisatawan, Pantai Bama sama Savana Baluran.
Kami pertama ke Pantai Bama yanga ada hutan manggrove  didalamnya.
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran

Hutan Mangrove

Cuma bentar kami di Pantai Bama ini karena kudu ngejar pesawat ke Juanda. Ini nih yang bikin bete dari trip ini. P-Man Adventure selaku tour travel kami ndak siap sama sekali (sorry for bad review guys). Tim P-Man Adventure ini kayanya bingung gitu, kami nunggu buat ke Baluran ini ada kali 3jam alasannya makan siang belum siap, kan padahal bisa beli dilain. Sumpah kesel.

Karena alasan ngejar pesawat ke Juanda, jadinya di savana Balurannya cuma sebentar. Belum puasa eksplore foto-foto hahaha (dasar cewek). Selama di savana Baluran ini kita bakal liat banyak rusa sama monyet. Dan ada 2 banteng yang lagi ngaso dibawah pohon. Mungkin itu kali ya kenapa Baluran dibilang Afrika nya Indonesia

Long road to Baluran

Mba Rosi on frame :)

Spot Foto terkenal aka Pohon terkenal di Baluran (gara-gara mba Raisa bikin V-klip disini)

Walau belum puas foto-foto di Savana Baluran, tetep bikin seneng mata ngeliat savana disini. Kami dateng setelah musin hujan jadi ndak nemu efek dramatis hutan yang kering warna kuning gitu.